Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus

Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus- Apa itu Bootable ?Booteble adalah sebuah system booting awal pada sebuah syem operasi, bootable sendiri dapat  ditempatkan pada media penyimpanan hardisk, Flasdisk,  CD/DVD , dll. biasanya bootable digunakan untuk menjalankan sytem operasi portable, atau untuk melakukan instalasi sytem operasi seperti windows, linux dll. sedangkan proses membuat bootable pada flasdisk cara nya cukup mudah yaitu dengan menggunakan Rufus.

Rufus adalah aplikasi portabel gratis dan open-source untuk Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk memformat dan membuat USB flash drive yang dapat di-boot atau Live USB. Rufus sendiri dikembangkan oleh Pete Batard dari Akeo Consulting. rufus adalah salah satu aplikasi freeware, freeware adalah aplikasi yang dikembangkan dan dibagikan secara gratis kepada penggunany. Rufus memiliki interface yang sangat simpel sehingga sangat mudah digunakan, versi terakhir rufus saat admin berkunjung pada situs resmi rufus yaitu versi 3.3.aplikasi Rufus dapat anda unduh langsug di situs resmi Rufus di https://rufus.ie kapasitas file rufus cukup kecil hanya berukuran 1 MB. 

Untuk memjadikan flasdisk sebagai bootable tentu anda telah memiliki OS Windows 7, 8, dan 10 dalam bentuk ISO, file ISO windows dapat anda download pada situs resmi microsoft atau website download OS yang ada diinternet. menjadikan flasdisk menjadi bootable adalah pilihan yang sangat tepat karena mengingat proses trasfer file flasdisk cukup cepat, kemudia anda lebih mudah memformat flasdisk yang sudah anda jadikan bootble, sedangkan jika anda menggunakan CD/DVD sangat sulit untuk melakuan format ulang kemudian kepingan CD/DVD mudah tergores sehingga tidak dapat digunakan untuk jangka panjang. 

untuk menjadikan falsdisk sebagai bootable anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Download Rufus di https://rufus.ie
Setelah anda mendownload  aplikasi dan tempatkan pada folder yang mudah anda jangkau, anda tidak perlu menginstal aplikasi ini karena aplikasi Rufus adalah aplikasi Postable.

2. Colokkan Flasdisk anda pada Laptop atau komputer anda.
3. Buka Aplikasi Rufus
Agar proses membuat bootable berjalan dengan lancar, klik kanan terlebih dahulu file exe rufus kemudian Run Administrator. perhatikan keterangan gambar dibawah ini.

4. Kemudian Pilih OS yang akan di tempatkan pada flasdisk sebagaai bootable. cararanya klick SELECT - Cari File Iso OS- Klik OPEN- Volume Lable Ganti dengan Nama OS - Pada File Sytem Gunakan NTFS - Kemudian Klik Show Advenced Format Option lalu centang pada QUICK FORMAT DAN CREATE EXTENDED LABEL AND ICON FILE-Kemudian Klik OK jika muncul Popup - START. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
Fasdisk Telah Dibaca Oleh Rufus
Pilih Disk or ISO image ( Please Select)


Pilih Seclect dan cari file iso


Ubah nama label dan Set file sytem dengan NTFS


Kemudian Klik Show Advenced Format Option lalu centang pada QUICK FORMAT DAN CREATE EXTENDED LABEL AND ICON FILE 



Klik OK, Popup ini untuk menkonfirmasi kesedian karena proses membuat bootable akan memformat keseluruhan data yang ada di flasdisk. selanjutnya tunggu beberapa menit biasanya proses ini memerlukan -+ 15 Menit.


Tunggu proses hingga selesai, hingga muncul tulisan Redy pada Status.


Untu lebih jelas berikut video tutorialnya :



Pada tahapan ini anda telah berhasi membuat Bootable dengan flasdisk, dan flasdisk anda sudah dapat digunakan sebagai media instalasi windows. dan perlu anda ingat flasdisk yang digunakan memiliki kapasitas yang sesuai dengan OS, biasanya admin menggunakan flasdisk kapasitas 4 gb untuk windows 7, 8 gb untuk windows 8 dan 10, untuk OS yang lain seperti Linus cukup menggunakan flasdisk dengan ukuran 4 gb karena biasa Linus ukurannya lebih kecil
Berdasarkan tutorial diatas dapat kita simpulkan bahwa proses pembuatan bootable flasdisk cukup mudah, dan cepat. demikian tutorial ini jika ada pertanyaan terkait artikel ini berikan komentar.




0 Response to "Cara Membuat Bootable Flasdisk Windows 7, 8 , dan 10 Dengan Rufus"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakan bahasa yang sopan dan pastikan komentar anda menyangkut artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel